Sandiaga Uno

Di dunia perwirausahaan Indonesia siapa yang tidak kenal dengan profil Sandiaga Uno , salah satu tokoh yang banyak dijadikan panutan , inspirasi dari para pelaku dunia usaha indonesia di berbagai skala usaha . Pernah tercatat menjadi salah satu orang terkaya di indonesia dengan berbagai bidang bisnis yang dijalaninya . Disamping kesibukan sebagai wirausaha , beliau juga aktif sebagai pembicara di berbagai seminar kewirausahaan dimana salah satu pendapatnya adalah kunci meraih sukses adalah keberanian dan optimisme , menurutnya juga faktor penting lainnya adalah kerja keras , amanah sedangkan jejaring atau networking hanya berperan 30% dari total faktor yang ada




Namun bila disimak kebelakang , beliau juga pernah mengalami masa - masa sulit . sebelum menjadi pengusaha juga pernah jadi karyawan dan ketika masa krisis 1998 mengalami PHK juga . Kemudian mencoba peruntungan di Indonesia , dan hampir 25 perusahan menolak lamaran kerjanya . Kemudian beliau merubah mindsetnya dengan memulai menjadi wirausaha . Perusahaan pertama didirikan bersama rekan SMA - nya dan baru 6 bulan kemudian mereka menerima order untuk menggunakn jasa perusahaanya . 6 Bulan harus mengele\uarkan biaya tanpa pemasukan tentunya perlu mental yang kuat .

Seiring waktu berjalan dan bimbingan dari William Soeyadjaya , perusahaannya terus bergerak dan mendapat kepercayaan dari berbagai perusahaan dan lembaga baik dalam dan luar negeri . dalam fase inilah beliau menjadi salah satu orang terkaya di indonesia versi majalah Forbes . Satu dasawarsa mencicipi manis getirnya dunia usaha , terhitung sejak 10 Juni 2015 beliau mengundurkan diri dari segala aktifitas  bisnisnya . Apakah belia sudah lelah ??? Anda ingat skema Maslow ? Mungkin kah beliau sudah pada fase aktualisasi diri .



Sekarang beliau aktif menjadi salah satu kader partai politik Gerindra pimpinan Bapak Prabowo ,  beliau masih aktif juga di KADIN sebagai WKU KADIN bidang UMKM. Berbagai catatan pengalaman bangkit dari himpitan krisis dan perjalanan sukses nya mendirikan gurita usaha seperti Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, serta di PT Recapital Advisors seperti akan menjadi modal besar bagi sandi dalam mengarungi profesi barunya . Berita terakhir adalah  beliau menjadi Calon Gubernur DKI di Pilkada 2017 . Selamat untuk pak Sandiaga Uno , selamat berjuang semoga anda bisa berkompetisi dengan fair dan tunjukan kemampuan anda . Dan rekan - rekan UMKM pastinya berharap menitipkan setitik asa untuk dukungan terhadap UMKM agar semakin bisa menjadi tuan di negerinya sendiri .




sumber :
wikipedia , kompas, biografi.com , suaraumkm.com .