Database Customer , kunci sukses bisnis anda .

 Salah satu hal yang terlupakan oleh para pelaku UKM adalah mengelola Database Customer , mereka cenderung mengandalkan " ahh pelanggan saya sudah hapal kok " . Padahal situasi kedepannya kita tidak akan pernah tau  , coba kalau tempat sekarang untuk usaha adalah sewa . Kemudian pemilik lokasi melihat  , eh ini usaha kok menarik ya , pelanggan nya banyak . Hal yang terburuk adalah anda tidak boleh meneruskan kontrakan  , baik secara halus atau secara "kasar" . Kemudia pelanggan anda datang  , lhoo kok sudah ganti ya ? Bukan Pak A yang jualan . Akhirnya mereka bingung nyari -nyari kemana ini Pak A pindah ya ...

Coba kalau anda sudah mempunyai database customer  , ketika anda pindah atau mungkin libur tinggal buat WA Blast . Customer juga akan tidak hilang dan mereka tahu bila anda mau libur atau pindah lokasi . Hal ini pernah terjadi dicustomer saya  , mereka sampai pindah 3 kali lokasi dalam jangka waktu 6 bulan . Apa ndak porak -poranda  itu hati  customer nyariin produk anda ? :) .

Nah  , database bagaimana yang kita kumpulkan ?  Ada database yang wajib dan tambahan :

1. WAJIB  adalah Email  , No WA aktif  , Pixel Facebook 

2. Tambahan adalah :  WAG  , Telegram , FB Pribadi 

 Anda bisa menyesuaikan dengan bisnis anda  , kalau skala lapak yang cakupan target market hanya lokal , minimal no WA  . Kalau sudah  skala lebih besar tentunya harus lebih lengkap . 

Bagaimana cara mendapatkan database customer ini ? Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

1. Berikan kupon diskon , kupon harus diisi data minimal no wa aktif . 

2. Beli 1 gratis 1  , syarat harus isi database yg ada 

3. Sebar brosur  , berikan tawaran menarik produk anda  , sertakan lokasi lapak dan No WA 

4. Aktif promosi di FJB Lokal dan FB Pribadi  , jangan lupa sertakan promo menarik dan no wa 

5. Kerjasama dengan  delivery makanan online 

6. Coba datang ke counter pulsa terdekat  , tentunya mereka punya data no telepon yang pernah ini disana . Bisa anda gunakan untuk WA blast . 

 Silahkan anda sesuaikan metode yang sesuai dan cocok untuk produk anda . 

Setelah punya database , apakah yang dilakukan ? Optimalkan google contact untuk mencatat database anda  , sinkronisasikan dengan HP anda sehingga database tersebut tidak akan hilang walau anda berganti HP sekalipun  . Juga akan memudahkan bila anda akan menyebar informasi serta berkomunikasi dengan customer-customer tersebut . Anda bisa cek status customer  , memberikan apresiasi atau bertanya yg ada di statusnya sehingga derajat komunikasi anda bisa semakin naik dengan customer . Anda bisa tiru metode para pedagang di pasar  , yaitu mereka sering ngobrol , sendau gurau dengan para customernya . Bisa diterapkan di usaha anda masing -masing . 

Satu lagi  , database yang  anda punya akan menjadi tolak ukur harga bila anda suatu saat akan menjual  usaha anda . Coba anda punya database 10000 orang  dibanding hanya punya 1000 ? Pasti akan lebih menarik yg lebih banyak customernya khan . Untuk itu silahkan mulai dari sekarang catat baik-baik setiap customer , suatu saat pasti akan berguna untuk bisnis anda . Terimakasih