Ide Usaha

Banyak orang ingin memulai sebuah usaha , namun banyak yang bingung bagaimana memulainya . Ada yang bilang dari modal dulu , dari skill dulu , harus training dulu , harus bikin rencana bisnis dulu , harus untung  dan lain sebagainya . Semuanya itu benar , tidak ada yang salah . Karena semua wirausaha pasti akan ketemu hal - hal tersebut pada waktunya dan polanya tidak sama setiap orang .




Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memulai sebuah usaha adalah ide usaha nya . Sebuah ide usaha  menjadi sebuah embrio  bisnis anda yang anda harapkan akan sukses dikemudian hari  . Seperti tunas kelapa yang akan menjadi  awal berdirinya pohon kelapa yang  dapat menghasilkan beberapa produk yang bermanfaat  . Pertanyaan selanjutnya , bagaimana menemukan ide usaha tersebut ? Apakah harus bertapa seperti mencari wangsit , atau harus survey secara detail tentang kebutuhan calon pelanggan ?

Coba lihat lagi hukum dasar ekonomi tentang supply n demand , 2 point penting ini bisa menjadi dasar kita melihat potensi ide usaha yang bisa kita ciptakan disekitar kita . Lingkupnya bisa RT , Desa , Kecamatan sampai tingkat negara . Tergantung dari ide usaha yang akan kita kerjakan . Mencermati suppply dan demand akan kita temukan beberapa hal yang menimbulkan ide - ide usaha . Ketika sudah ketemu beberapa ide usaha maka cermati sekali lagi dan pilih 2-3 ide usaha yang akan dilanjutkan .

Setelah ketemu pilihan 2 -3 ide usaha , bagaimana anda memilihnya ? Ingat setiap ide usaha sama -  sama berpotensi sukses atau rugi . Ingat kata alm Bob Sadino , bisnis yang berhasil adalah bisnis yang dibuka  bukan hanya dihitung dan direncanakan . " Learning by doing " , belajar membesarkan ide usaha dengan terjun langsung , anda akan merasakaan seperti roller coaster dimana ada saatnya anda akan menghadapi situasi terpuruk atau sukses . 

Ini ada video dari Mas Jaya , pengasuh dari forum juragan serta founder yukbisnisdotcom , beliau membahas tentang bagaiman menyakin kan diri terhadap bisnis atau ide usaha yang sedang atau akan di jalankan . Silahkan disimak untuk mendapat sisi pandang lain tentang sebuah ide usaha .